Selasa, 15 Agustus 2017

jenis ikan cupang termahal dan indah

Ikan Cupang , yang bahasa latinnya (Betta sp.) adalah ikan air tawar yang habitat asalnya adalahbeberapa negara di Asia Tenggara, antara lain Indonesia, Thailand, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, dan Vietnam. Ikan ini mempunyai bentuk dan karakter yang unik dan cenderung agresif dalam mempertahankan wilayahnya. Di kalangan penggemar, ikan cupang umumnya terbagi atas tiga golongan, yaitu cupang hias, cupang aduan, dan cupang liar. Di Indonesia terdapat cupang asli,salah satunya adalah Betta channoides yang ditemukan di Pampang, Kalimantan Timur.
Image result for ikan cupang wikipedia

jenis di indonesia 



Bisnis budidaya ikan cupang kian digemari oleh berbagai kalangan. Ikan dengan bahasa latin Betta splendens sejatinya adalah ikan rawa.
Namun siapa sangka, kini ikan cupang mulai diburu keberadaannya. Ikan cupang biasa dibeli masyarakat guna dipelihara atau mengikuti kontes kecantikan hingga diadu dengan sesama ikan cupang.
Salah seorang peternak sekaligus penjual yang tergabung di Sentra Promosi dan Pemasaran Ikan Hias Jakarta Barat (SPPIH) Cepong mengungkapkan ikan cupang jenis hias termasuk yang paling tinggi peminatnya. Maka tidak heran bila harga jualnya lebih mahal.

Sementara itu, peternak sekaligus pedagang ikan cupang di Semanan, Jakarta Barat, Marwan Pechi, mengaku rata-rata harga jual ikan cupang jenis Giant Plakat dan Giant Halfmoon adalah Rp 10 ribu per ekor. Sedangkan yang harganya mahal biasanya jenis Giant Crowntail dengan rata-rata harga jual ratusan ribu hingga jutaan rupiah per ekornya. 
"Jenis ikan yang dijual, ikan partai Rp 2.500 per ekor paling murah. Belinya minimal 100 ekor ke atas dengan kategori aduan seperti Crowntail, Halfmoon atau Slayer saya pernah juga menjual di ajang kontes dnegan harga 7,5 juta," sebutnya. 
Dengan kemampuan bertahan hidupnya yang luar biasa, membuat ikan ini mudah dipelihara dan dibudidayakan dalam toples kecil maupun aquarium tanpa menggunakan aerator.
Keunggulan ikan cupang ini disebabkan karena ikan cupang memiliki rongga labirin seperti pada ikan lele dan ikan rawa lainnya. Labirin tersebut dapat membuat nya bertahan pada lingkungan yang miskin oksigen.
Ikan Cupang hias dipelihara untuk dinikmati keindahan bentuk, warna dan gerakannya. Sebaliknya ikan cupang adu dipelihara untuk di lagakan. Perlu kita ketahui bersama, di beberapa negara melagakan ikan cupang termasuk perbuatan yang ada konsekuensi sanki hukum.
Ikan cupang memiliki jenis yang beragam dan di setiap jenisnya mempunyai kekhasan masing-masing. Ikan hias yang satu ini mempunyai sifat yang unik. Dalam kehidupan alamiahnya, ikan ini cenderung gesit dan agresif saat melindungi diri dan daerah tempat tinggalnya.
Dalam kalangan para pecinta ikan cupang, ikan ini dibedakan menjadi beberapa kelompok, diantaranya adalah ikan cupang hias, dan ikan cupang aduan.
Ikan Cupang hias dan Ikan cupang adu dapat dibedakan berdasarkan bentuk dan sifat agresifitasnya. Berdasarkan data Ilmiah, ada tidak kurang dari 75 spesies ikan cupang yang tinggal di bumi ini. Akan tetapi, hanya sebagian saja dari spesies tersebut populer sebagai ikan hias peliharaan.
Saat ini, Spesies ikan cupang yang banyak beredar di pasaran umumnya berasal dari kelompok splendens complex, yang meliputi Betta splendens, Betta stiktos, Betta mahachai, Betta smaragdina dan Betta imbellis. Serta ditambah dengan jenis-jenis lain yang merupakan hasil silangan dari spesies-spesies tersebut.

JENIS IKAN CUPANG

Dalam kalangan para penggemar ikan cupang, ikan ini dibedakan menjadi beberapa kelompok, diantaranya adalah ikan cupang hias, dan ikan cupang aduan.

A. JENIS IKAN HIAS


Image result for ikan cupang halfmoonpinterest.com
Seperti yang telah disebutkan di atas, para pecinta ikan cupang mengelompokkan jenis ikan cupang berdasarkan penampilan bentuk dan corak warnanya.
Dari setiap hasil pengawinan yang mempunyai bentuk serta sifat yang khas, maka akan diberi nama tersendiri sesuai dengan karakter dan bentuknya.
Bentuk cupang yang berlandaskan dengan hasil penilaian kontes Masyarakat Cupang Hias Indonesia (MCHI), dari kiri ke kanan.

Berikut ini adalah uraian ringkas tentang jenis-jenis dan harga ikan cupang termahal serta tak ketinggalan ikan cupang paling populer di dunia yang wajib para penggemar ikan cupang ketahui:
Jenis cupang hias dibagi lagi menjadi beberapa macam, yaitu:

1. JENIS IKAN CUPANG HALFMOON (BULAN SEPOTONG)


Image result for ikan cupang halfmoonpinterest.com
Sesuai dengan gelarnya, cupang halfmoon yaitu jenis ikan cupang hias yang dikaruniai sirip dan ekor yang seolah-olah menyatu sehingga membentuk seperti setengah lingkaran.
Apabila kita amati dari samping, sirip cupang halfmoon membentuk pola seperti setengah lingkaran bulan.
Ikan cupang halfmoon dijadikan peliharaan karena keindahan sirip dan bentuknya yang sangat anggun bak penari yang menari-nari di dalam air Jenis ikan cupang yang satu ini memiliki berbagai corak warna yang sangat beragam, mulai dari kuning, merah terang dan berbagai jenis warna lainnya.

HARGA IKAN CUPANG HALFMOON (BULAN SEPOTONG)

Di kalangan pemburu ikan hias, ikan ini dihargai pada kisaran harga antara Rp 5.000 sampai Rp 300.000.
Harga ini umumnya akan bertambah menjadi semakin tinggi jika ikan tersebut telah membintangi beberapa kontes kejuaraan atau perlombaan ikan hias. Menarik bukan?
Ikan cupang tipe Halfmoon (bulan setengah ), memiliki sirip dan ekor yang lebar dan simetris menyerupai bentuk bulan separo. Jenis ikan cupang ini pertama kali dikembang biakkan pada tahun 1982 oleh seorang ahli di Amerika Serikat yang bernama Peter Goettner.
Baca juga: 10 Jenis Ikan Arwana Termahal yang Paling Banyak Diburu 2016

2. JENIS IKAN CUPANG CROWN TAIL (SERIT)


Image result for ikan cupang seritpinterest.com
Pada segmen ini, rakyat Indonesia terutama para penghobi ikan cupang boleh sedikit berbangga, sebab, jenis ikan cupang serit ini lahir dan besar dari tangan-tangan kreator dari indonesia, tepatnya daerah slipi, jakarta.
Nama ikan cupang serit telah menggema di dunia karena terkenal dengan berbagai keindahan warna dan bentuk. ikan hias air tawar ini disebut crown tail atau ekor mahkota sebab ketika ekornya dibalik menghadap ke atas serit-serit yang ada di ekornya akan terlihat seakan-akan mahkota raja.
Model ikan cupang serit memiliki banyak varian warna dan bentuk. ada yang memiliki serit tunggal, dimana pada tiap serit hanya terdapat satu tulang sirip. ada juga yang berserit dua atau serit ganda.
Keindahan dan kemolekkan ikan cupang serit telah diakui banyak negara di dunia serta banyak di lombakan di international betta congress (IBC).

HARGA IKAN CUPANG CROWN TAIL (SERIT)

Di kalangan pecinta ikan hias, ikan ini dijual dengan kisaran harga antara Rp 5.000 — Rp 300.000.
Harga ini biasanya akan naik menjadi semakin tinggi bila ikan tersebut telah menjuarai beberapa kontes kejuaraan atau perlombaan ikan hias. Bagaimana anda tertarik untuk memeliharanya?
Baca juga:

3. JENIS IKAN CUPANG PLAKAT/ PLAKAT HALFMOON (PETARUNG ATAU ADUAN)


pinterest.com
Sebutan “Plakat” ber asal dari bahasa di Thailand yang memiliki arti kurang lebih, “tarung” atau “laga”. Sejalan dengan julukan nya, tipe ikan cupang ini sering kali di gunakan sebagai cupang aduan.
Thailand memang mempunyai tradisi mengadu cupang yang telah turun temurun. Sirip dan ekor ikan cupang plakat umumnya pendek tidak melumbai seperti jenis cupang jenis halfmoon dan serit.
Karena pendek, sirip tersebut menegaskan petarung yang tangguh dan kekar. Gerakan jenis ikan cupang aduan yang satu ini tidak menonjolkan sisi keanggunan namun cenderung lebih garang dan sangar.

HARGA IKAN CUPANG PLAKAT/ PLAKAT HALFMOON (PETARUNG ATAU LAGA)

Image result for ikan cupang plakat halfmoon
Di pasaran ikan ini dihargai dengan kisaran harga antara Rp 5.000 — Rp 300.000.
Harga ini acap kali akan bertambah menjadi semakin tinggi jika ikan tersebut telah memenangi beberapa kontes kejuaraan atau perlombaan ikan hias. Bagaimana anda tergoda untuk memeliharanya?
Baca juga: 9 Jenis Ikan Louhan Termahal 2016 dan Cara Merawatnya

4. JENIS IKAN CUPANG DOUBLE TAIL (CAGAK/EKOR GANDA).

Image result for JENIS IKAN CUPANG DOUBLE TAIL
Jenis ikan cupang yang satu ini di beri nama double tail karena bagian sirip ekor nya ter belah dua, seakan-akan bercagak ganda. ikan cupang double tail atau ekor ganda ter golong sulit di pelihara. Oleh karena itu, ke hadiran nya masih langka di perjual-belikan di pasaran.
Baca juga: 31 Jenis Ikan Koi yang Paling Laku di Pasaran

HARGA CUPANG DOUBLE TAIL (CAGAK)

Di pasaran ikan ini dijual pada kisaran harga antara Rp 10.000 sampai Rp 300.000.
Harga ini acap kali akan bertambah menjadi semakin mahal apabila ikan tersebut telah menjuarai beberapa kontes kejuaraan atau perlombaan ikan hias. Bagaimana menarik bukan?

5. GIANT BETTA (CUPANG RAKSASA)

Image result for ikan cupang wikipedia
Sesuai dengan nama nya, giant betta yaitu jenis ikan cupang yang memiliki ukuran tubuh yang besar atau raksasa. Ukuran tubuhnya bisa tumbuh sampai 12-15 cm, sehingga membuat gerakan ikan cupang jenis ini lambat, dan kurang agresif dalam berenang.

HARGA CUPANG GIANT BETTA (CUPANG RAKSASA)

Di pasaran ikan ini dihargai dengan kisaran harga antara Rp 5.000 hingga Rp 300.000.
Harga ini biasanya akan naik menjadi semakin mahal jika ikan tersebut telah menjuarai beberapa kontes kejuaraan atau perlombaan ikan hias. Bagaimana menarik bukan?

B. IKAN CUPANG ADUAN


Image result for ikan cupang bagan
idungbetta.blogspot.co.id
Umumnya ada beberapa ciri-ciri yang dimiliki ikan cupang aduan ialah tubuhnya full pressed body( ramping), bila kita perhatikan dengan seksama ada cekungan halus dari ujung badan hingga samping perut, bersisik kecil dan tebal, memiliki dahi seperti ikan arwana.
Ring bibir tebal, jari-jari sirip ekor halus rapat (jari-jari sirip yang besar rawan terserang jamur, saat sirip terkoyak atau luka), pembawaannya low profile (santai tapi waspada).
Ikan cupang model ini sering kali menjadi raja yang kejam ketika di medan laga sangat bertolak belakang dengan warna-warni tubuhnya yang indah. Mereka menghabisi musuh tanpa ampun, kadang di setiap petarungan mereka berakhir dengan kematian lawannya.
trimakasih smoga info ini mermanfaat ya.
Advertisement
Previous Post
Next Post

post written by:

1 komentar: